Cara Membuat Donat Madu

Jumat, 13 Desember 2013
Advertesement
Cara Membuat Donat Madu  merupakan hasil kreasi dari dunia barat yang tercipta secara tidak sengaja disebabkan orang ingin agar kue yang dipegang saat bekerja tidak mudah jatuh, Sehingga dibuatlah lubang di tengahnya yang sekarang disebut dengan donut cake.

Mengenai bahan dan cara pembuatan donat akan saya jelaskan setelah memberikan tipsnya. Karena kalau sudah paham tips bikinnya dengan baik maka untuk bahan dan pengolahannya akan lebih mudah lagi. Selain itu sebenarnya ada banyak sekali alternatif takaran campuran bahan di berbagai blog, hanya saja saya menyarankan menggunakan rekomendasi di bawah karena sumbernya dari situs terpercaya, yaitu SajianSedap dot com.


Cara Membuat Donat Madu Rahasianya di sini adalah diawali dengan pemilihan terigu yang pas. Dengan memperhatikan kandungan proteinya, maka hasil adonannya juga akan sangat berbeda dengan yang asal pakai saja. Untuk itu disarankan menggunakan perbandingan 1 : 3, jika yang protein sedang 100 gr, maka terigu protein tinggi 300 gram. Dengan ini akan di dapatkan hasil olahan yang pas empuknya. Selain itu penggunaan bahan seperti garam jangan dimasukkan terlalu cepat karena akan merusak kerja ragi yang akan mengurangi keempukannya. Dan di banyak usaha kuliner donat, penggunaan gula pada adonannya juga dikurangi karena adonannya akan susah mengembang kalau terlalu manis. Makanya rasa manisnya ada pada toppingnya atau hiasan bagian atasnya.

Cara Membuat donat madu. Nah, di sini rahasianya. Memang sekarang banyak juga yang membuatnya menggunakan cetakan agar bentuknya pas, tapi ketika dipenggorengan bentuk donat masih saja berubah menjadi bengkok atau malah ada yang rusak kalau tidak hati-hati, untuk itu kami menyarankan, baik itu menggunakan manual dengan dibentuk dengan tangan atau pun dengan cetakan, pada saat sedang digoreng di atas minyak yang banyak gunakan sumpit yang dimasukkan ditengah lubang donat tersebut dengan cara diputar-putar. Tidak perlu lama, cukup pada saat pertama kali dituang saja, karena pada saat telah menjadi keras bentuknya sudah tidak berubah dan pas. Cara ini banyak digunakan untuk usaha donat terkenal agar didapatkan hasil donat yang tidak saja enak rasanya tapi juga enak dilihat.

Di bawah ini adalah resep donat empuk dan jika ingin dikreasikan dengan sayuran ataupun dengan kentang, resep ini tetap bisa diterapkan karena dari takaran dan bahannya sudah disesuaikan untuk semua jenis kue donat.

bahan dasar donat madu:

500  grm tepung terigu
5      sdm madu
3     butir kuning telur
30   grm susu bubuk
100 grm gula pasir
100 grm margarin
11  grm ragi instan
1/2 sdt garam
250 ml air

bahan toping - Taburan donat:

200 grm biskuit oreo, haluskan
100 grm butter cream
100 grm keju parut

Cara membuat donat madu enak:
  1. Campur semua bahan donat madu,lalu uleni sampai kalis. Bulatkan lalu diamkan selama 30 menit..
  2. Kempiskan adonan,lalu potong dan timbang seberat 50 grm.kemudian Diamkan selama 15 menit.
  3. Lubangi adonan, diamkan lagi selama 15 menit
  4. Goreng donat sampai matang. Angkat lalu tiriskan.
  5. hias donat dengan butter cream, taburi oreo.atau keju ,coklat leleh,mesis gula donat,
Semoga bermanfaat informasi Cara Membuat Donat Madu